Di pasar yang sangat kompetitif masa kini sebuah strategi yang menjamin sebuah pendekatan yang konsisten untuk menawarkan produk atau jasa anda dalam suatu cara yang akan menjual lebih banyak dari kompetitor anda adalah penting. Bagaimanapun, setuju dengan ketentuan strategi pemasaran anda juga harus mempunyai suatu metodologi yang didefinisikan dengan baik untuk proses implementasi hariannya. Dengan metodologi yang baik, anda akan dapat dengan mudah merencanakan dan mengontrol serta melakukan koreksi bila diperlukan.
Namun, apakah anda sudah memiliki pilihan strategi pemasaran yang memadai di era bisnis yang serba cepat ini. Kalau anda sudah memiliki, jangan lupa anda tetap harus mengevaluasinya dan mengontrolnya. Bagi yang belum menemukan dan masih mencari-cari saya akan membantu mengeluarkan dari kesulitan anda.
Berikut adalah strategi 'generic' yang bisa anda pilih (berdasarkan Keunggulan Kompetitif dari Michael Porter).
COST LEADERSHIP STRATEGY
Strategi ini berdasarkan pada konsep bahwa anda dapat memproduksi dan memasarkan suatu produk dan jasa dengan kualitas yang baik pada biaya yang lebih rendah dari pada pesaing anda. Biaya rendah ini harus diterjemahkan ke profit margin yang lebih tinggi dari pada rata-rata industri. Beberapa kondisi yang harus ada untuk menunjang cost leadership strategy meliputi tersedianya modal operasi yang sedang berjalan, ketrampilan teknik proses yang baik, pengelolaan tenaga kerja yang erat, produk dirancang untuk memudahkan proses produksi dan distribusi biaya rendah.
DIFFERENTIATION STRATEGY
Adalah membuat suatu produk atau jasa yang dirasa sebagai yang unik di seluruh industri. Penekanan dapat pada gambaran merk, pemilik teknologi, corak khusus, pelayanan yang superior, jaringan distributor yang kuat atau aspek-aspek yang bisa menjadi spesifik untuk industri anda. Keunikan ini harus juga diterjemahkan ke profit margin yang lebih tinggi dari pada rata-rata industri. Sebagai tambahan, beberapa kondisi yang harus ada untuk menunjang differentiation strategy meliputi kemampuan pemasaran yang kuat, rekayasa produk yang efektif, personil yang kreatif, kemampuan untuk melakukan riset dasar dan reputasi yang baik.
FOCUS STRATEGY
Strategi ini mungkin yang paling canggih dari strategi dua strategi ‘generic’. Strategi ini adalah suatu bentuk yang lebih ‘hebat’ dari cost leadership strategy maupun differentiation strategy. Strategi ini dirancang untuk menuju fokus pada suatu segmen pasar, bentuk produk atau proses manajemen biaya. Dan, biasanya dilakukan ketika tidak cocok mencoba menerapkan cost leadership atau differentiation. Strategi ini didasarkan pada konsep melayani sasaran yang istimewa dalam suatu cara yang luar biasa, dan yang lainnya tidak dapat menyaingi. Biasanya cara-cara ini mengarah pada suatu segmen pasar yang lebih kecil secara substansi dari pada yang lain dalam industri. Tetapi, karena tingkat persaingan yang kecil, maka profit margin dapat sangat tinggi.
Nah, setelah anda membaca tiga strategi 'generic' di atas, silakan anda mempertimbangkan layak atau tidaknya strategi tersebut untuk bisnis anda. Bagaimana ...?
Kamis, Maret 12, 2009
Strategi Apa yang Anda Pilih untuk Pasar Kompetitif ?
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Pelu diperjelas lagi ketiga strategi tersebut.
BalasHapus